Kapal Terbesar Milik AL Iran Terbakar dan Tenggelam

 

velox
Kapal Terbesar Milik AL Iran Terbakar dan Tenggelam

VELOX.CO.ID - Kapal terbesar Angkatan Laut Iran IRIS Kharg (431) terbakar di Teluk Oman pada hari Rabu (02/06) dan tenggelam.

Kebakaran terjadi ketika kapal itu berada di dekat pelabuhan Jask Iran, tenggara Teheran, menurut pihak AL Iran. Semua anggota awak kapal dapat menyelamatkan diri dari kapal yang terbakar dan dipindahkan ke tempat yang aman di pantai. Kharg – kadang-kadang dieja “Khark” – adalah salah satu kapal pembekalan logistik dan tanker AL Iran yang mampu melakukan pembekalan ulang kapal lain di laut.

Kapal militer dan sipil yang merespon tanda bahaya kapal Kharg berusaha selama 20 jam untuk memadamkan api yang secara bertahap menyebar ke seluruh kapal.

“Semua upaya untuk menyelamatkan kapal tidak berhasil dan kapal tersebut tenggelam,” lapor kantor berita Fars.

Kharg sedang dikerahkan ke perairan internasional untuk operasi pelatihan ketika salah satu sistemnya terbakar, menurut pihak AL Iran. Pihak AL Iran tidak menjelaskan lebih lanjut ada penyebab kebakaran tersebut.

Angkatan Laut Iran telah mengalami serentetan bencana dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, sebuah rudal secara keliru menghantam kapal AL Iran lainnya yang juga di dekat pelabuhan Jask selama latihan. Sembilan belas pelaut tewas dan 15 lainnya luka-luka. Pada 2018, sebuah kapal destroyer Iran tenggelam di Laut Kaspia.

Kharg telah beroperasi selama lebih dari 40 tahun. Kapal tersebut dibangun oleh galangan Swan Hunter di Inggris, diluncurkan pada 1977 dan dikirim ke Iran pada 1984. Kapal memiliki displacement dengan muatan penuh 33.544 ton, panjang 207 m, lebar 25,5 m dan mampu berlayar dengan kecepatan maksimum 21,5 knot. Kapal IRIS Kharg dilengkapi dengan persenjataan 1x meriam OTO Melara 76mm/62, 2×2 kanon ZU-23 23mm/80 dan 2x senapan mesin berat 12,7mm. Kapal juga dilengkapi dengan 2 hanggar helikopter dan 1 helipad.

IRIS Kharg pernah singgah di pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 25-28 Februari 2020 untuk merayakan peringatan 70 tahun hubungan Indonesia-Iran. Kapal tersebut ketika itu juga membawa ratusan siswa taruna Akademi AL Iran.

velox.co.id Media Intelijen dan Dunia Militer Indonesia

Disqus Comments

Featured Post

Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah

  Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah VELOX.CO.ID - Pada 19 Juni, pasukan Kurdi di suriah menyerang pangkalan militer T...