Bill dan Melinda Gates Cerai, Nilai Harta Capai Rp 2.106 Triliun

 

VELOX
 Bill dan Melinda Gates Cerai, Nilai Harta Capai Rp 2.106 Triliun

VELOX - Bill dan Melinda Gates mengumumkan perceraian mereka pada hari ini, Selasa 4 Mei 2021. Keduanya berpisah setelah 27 tahun menikah.

Perceraian Bill dan Melinda Gates sontak menjadi sorotan. Bukan hanya karena Bill merupakan salah satu orang terkaya di dunia, tapi perpisahan keduanya diprediksi memengaruhi industri teknologi, portofolio bisnis dan real estate, bidang kesehatan global, kebijakan perubahan iklim, hingga masalah sosial termasuk kesetaraan bagi perempuan.

Dikutip dari Bloomberg pada Selasa (4/5/2021), menurut data Bloomberg Billionaires Index, Bill dan Melinda Gates diperkirakan memiliki kekayaan USD 146 miliar atau berkisar Rp 2.106 triliun (asumsi kurs Rp 14.430). Ketika mengumumkan perceraian, Gates tidak memberikan keterangan mengenai rencana keuangan, meskipun mereka menekankan akan terus bekerja sama melanjutkan filantropinya.

"Setelah banyak berpikir dan berusaha dalam hubungan kami, kami memutuskan mengakhiri pernikahan kami. Kami telah membesarkan tiga orang anak yang luar biasa dan membangun sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan semua orang menjalani hidup sehat dan produktif," ungkap Bill dan Melinda yang diunggah di Twitter.

Bill yang merupakan pendiri Microsoft, menempati peringkat keempat orang terkaya di dunia. Sementara Melinda, yang merupakan mantan manajer Microsoft, bersama Bill Gates menjalankan Bill & Melinda Gates Foundation. Yayasan tersebut sudah menyalurkan dana lebih dari USD 50 miliar.

Keduanya akan tetap menjadi co-chair dan pengawas yayasan tersebut. "Tidak ada perubahan pada peran mereka atau organisasi yang direncanakan. Mereka akan terus bekerja sama untuk membentuk dan menyetujui berbagai strategi, mengadvokasi masalah yayasan, dan menetapkan arah organisasi secara keseluruhan," tulis juru bicara yayasan dalam sebuah pernyataan.

Ini merupakan perceraian terbesar kedua orang terkaya di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, Jeff Bezos dan MacKenzie Scott memutuskan berpisah pada 2019.

Kekayaan Bill lebih rumit untuk diukur daripada Jeff Bezos, yang sebagian besar terkonsentrasi di saham Amazon.

Bloomberg mencatat, kekayaan bersih Bill berasal dari Microsoft. Namun sahamnya di perusahaan software tersebut sekarang mungkin kurang dari 20 persen.

Ia mengalihkan sebagian besar sahamnya ke Bill & Melinda Gates Foundation selama bertahun-tahun, dan kepemilikan persisnya belum diungkapkan sejak ia meninggalkan dewan direksi Microsoft pada tahun lalu.

Aset terbesar Bill adalah Cascade Investment, sebuah perusahaan induk yang dibuatnya dengan hasil penjualan saham Microsoft, dan dividen yang dijalankan oleh Michael Larson.

Melalui Cascade, Bill memiliki ketertarikan dalam real estate, energi dan perhotelan, serta memiliki saham di banyak perusahaan publik termasuk Canadian National Railway dan Deere & Co.***Liputan6***

velox.co.id Media Intelijen dan Dunia Militer Indonesia

Disqus Comments

Featured Post

Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah

  Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah VELOX.CO.ID - Pada 19 Juni, pasukan Kurdi di suriah menyerang pangkalan militer T...