Masyarakat Diimbau Tetap Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Dalam Sepekan

velox
Masyarakat Diimbau Tetap Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Dalam Sepekan

VELOX - Jakarta (5/4/2021)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya bibit siklon tropis yang akan melanda Indonesia dalam waktu dekat serta berakibat pada berdampak pada peningkatan gelombang di sebagia wilayah perairan Indonesia. Hasil analisis dinamika atmosfer-laut menunjukkan bahwa La Nina masih berlangsung sampai dengan Mei 2021 dengan kecenderungan menuju netral. Selain fenomena La Nina juga terjadi Madden-Julian Oscilation (MJO) terpantau aktif yang merupakan aktivitas intra seasonal yang terjadi di wilayah tropis atau dikenal dengan pergerakan aktivitas konveksi yang bergerak ke arah timur dari Samudera Hindia ke Samudera Pasifik dengan durasi kemunculan setiap 30 sampai 40 hari.

Dalam sepekan ke depan, BMKG memprakirakan akan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa HUJAN SEDANG-LEBAT di sejumlah daerah antara lain meliputi sebagai berikut: Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua. 

Sementara wilayah yang berpotensi HUJAN SANGAT LEBAT diprediksi terjadi di wilayah sebagai berikut: Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Bagi wilayah yang diprediksi berpotensi ANGIN KENCANG meliputi antara lain: Lampung, Banten, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan.

Terdapat beberapa wilayah yang juga mengalami potensi GELOMBANG TINGGI diprediksi terjadi di wilayah berikut Perairan barat Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu, Perairan 

P Enggano, Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bag. Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten, dan Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai hingga Selatan Jawa Barat. Sementara itu berdasarkan Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak untuk potensi Banjir/Bandang dalam periode hingga 3 (tiga) hari ke depan dengan kategori SIAGA berpotensi terjadi di wilayah berikut: Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Mengingat kondisi cuaca masih tidak menentu, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat/petir, angin kencang, gelombang tinggi, dll) dan dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dll. 

BMKG juga membua layanan informasi cuaca 24 jam bagi masyarakat yang ingin memperbaharui informasi terkini mengenai kondisi cuaca di daerah masing-masing dapat melalui: - http://www.bmkg.go.id; - follow media sosial @infoBMKG; - aplikasi iOS dan android "Info BMKG"; - atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat (*/disarikan dari laman situs BMKG. go.id)

velox.co.id Media Intelijen dan Dunia Militer Indonesia

Disqus Comments

Featured Post

Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah

  Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah VELOX.CO.ID - Pada 19 Juni, pasukan Kurdi di suriah menyerang pangkalan militer T...