Pentagon Nyatakan Konflik AS dengan China Tidak Terelakkan

velox
Pentagon Nyatakan Konflik AS dengan China Tidak Terelakkan

 

VELOX - WASHINGTON - Pentagon menyatakan konflik antara Amerika Serikat (AS) dengan China tidak terelakkan. Namun, Departemen Pertahanan Amerika itu menekankan bahwa kedua pihak harus melakukan bagiannya sendiri untuk menghindari peningkatan ketegangan yang tidak perlu.

Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pertahanan Amerika Kathleen Hicks. "Amerika Serikat dan China memiliki setiap alasan untuk berkomunikasi satu sama lain," katanya.

"Persaingan ekstrem tidak selalu sama dengan konflik, yang kedua belah pihak ingin cegah," lanjut Hicks, yang berbicara di acara virtual yang diselenggarakan oleh Aspen Institute, sebuah lembaga think tank yang berbasis di Washington, DC, pada hari Jumat, seperti dikutip Sputniknews, Sabtu (1/5/2021).

"Presiden Biden telah menyatakan bahwa meskipun akan ada persaingan ekstrem antara Amerika Serikat dan China, kami tidak perlu memiliki konflik. Dalam memajukan kepentingan Amerika, kami mengantisipasi militer AS akan sering menjadi pemain pendukung untuk diplomatik, ekonomi dan alat lainnya," ujar Hicks. 


"Inti dari nilai militer adalah menunjukkan kemauan dan kemampuan untuk secara kredibel mencegah agresi RRC [Republik Rakyat China]. Ini akan menempatkan kita pada posisi terbaik untuk menghindari konflik. Secara ekstrem, di mana kepentingan vital kami terancam, kami akan memastikan kemampuan AS untuk berperang dan menang," imbuh Wakil Kepala Pentagon tersebut.

Hicks memperingatkan bahwa China sekarang memiliki kemampuan ekonomi, militer, dan teknologi untuk menantang sistem internasional dan kepentingan Amerika di dalamnya dengan menggunakan berbagai alat. "Dari tata negara rutin melalui penggunaan kekuatan tajam atau taktik zona abu-abu, hingga potensi untuk operasi tempur berkelanjutan dan perusahaan nuklir yang diperluas dan mampu," paparnya.

Hicks juga menunjuk pada kemampuan militer, luar angkasa, dan siber Republik Rakyat China yang berkembang.

Dia kemudian menekankan pentingnya aliansi AS, khususnya kemitraan AS-Jepang, yang dia sarankan didasarkan pada nilai-nilai bersama dan sebuah sejarah pengorbanan bersama.

Hicks tidak menyebutkan langkah apa yang akan diambil pihak AS untuk mencegah eskalasi dengan China.


Komentar Wakil Kepala Pentagon itu muncul setelah serangkaian eskalasi baru-baru ini terhadap China oleh pemerintahan Biden, termasuk peningkatan dramatis dalam jumlah yang disebut "operasi kebebasan navigasi" di atau dekat perairan China, peningkatan kehadiran militer AS di kawasan Indo-Pasifik secara umum, sanksi baru atas dugaan "genosida" China di Xinjiang, peningkatan perang dagang dan teknologi, dan klaim bahwa Beijing telah menghancurkan aktivis pro-demokrasi di Hong Kong dan bersiap untuk menyerang Taiwan.
China telah membantah semua tuduhan terhadapnya dan mendesak AS untuk mempertimbangkan perilakunya sendiri, baik di dalam maupun di luar negeri, sebelum menyerang RRC. 


Pada hari Kamis, setelah pidato Presiden Biden Rabu kepada anggota Parlemen Amerika di mana dia mengatakan Amerika bersaing dengan China dan negara lain untuk memenangkan abad ke-21.

Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa wajar bagi kedua belah pihak untuk bersaing di beberapa bidang. "Persaingan ini harus seperti bersaing satu sama lain untuk meraih keunggulan di bidang kompetisi, bukan saling mengalahkan di arena gulat," kata kementerian tersebut.

Kementerian itu kemudian mengecam klaim AS tentang praktik perdagangan tidak adil China, dengan mengatakan bahwa pihak AS-lah yang telah melanggar prinsip pasar persaingan yang adil dan mempolitisasi masalah seperti lingkungan, teknologi, dan perdagangan. "Beijing akan dengan tegas menjaga kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunannya, sekarang dan di masa depan," imbuh kementerian tersebut.

Pada hari Kamis, Kementerian Pertahanan China melaporkan peningkatan dramatis dalam perilaku provokatif Amerika di dekat China, dan mengatakan kepada AS untuk mundur dan menghentikan peningkatan militerisasi regional dan mengancam perdamaian dan stabilitas regional. ***sindonews.com***

velox.co.id Media Intelijen dan Dunia Militer Indonesia

Disqus Comments

Featured Post

Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah

  Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah VELOX.CO.ID - Pada 19 Juni, pasukan Kurdi di suriah menyerang pangkalan militer T...