Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasukan Terjun Payung Rusia Kekurangan Pesawat Terbang

Pasukan Terjun Payung Rusia Kekurangan Pesawat Terbang
Pasukan Terjun Payung Rusia Kekurangan Pesawat Terbang

 

VELOX.CO.ID - Saat ini Rusia memiliki jumlah pasukan terjun payung terbesar di dunia, terlatih dan dilengkapi oleh kendaraan lapis baja yang dapat di jatuhkan dari udara, VDV (Vozdushno Desantnye Voyska) adalah pasukan penerjun payung andalan Kremlin.

Mereka memimpin operasi di Afganistan pada 1979 dan Krimea di 2014, sayangnya ada masalah kronis yang tidak bisa memaksimalkan kemampuan mereka. 

Menurut Ilya Kramnik, seorang pemerhati militer Rusia mengkritik VDV bahwa mereka harus memangkas besar jumlah pasukan terjun payung, uniknya pernyataan ini terbit di media pro-pemerintah Izvestia.

Saat ini, VDV setidaknya memiliki jumlah 70.000 lebih prajurit terjun payung, namun Angkatan Udara Rusia saat ini hanya memiliki 120 unit pesawat Il-76 yang ukurannya selevel dengan C-17 Amerika Serikat.

“Mari kita ingat bahwa 45 pesawat Il-76 terlibat dalam latihan yang baru baru ini, yang cukup untuk membawa pasukan kurang dari satu resimen VDV, termasuk dua batalyon dengan kendaraan lapis baja,” tulis Kramnik. “Jadi, seluruh armada pesawat angkut militer Il-76 yang tersedia cukup untuk terjun payung kurang dari dua resimen dengan seperangkat senjata standar dan peralatan militer menggunakan satu serangan”.

Kesimpulannya, Rusia hanya bisa memiliki kapasitas angkat untuk pasukan penerjun kurang dari satu divisi dalam satu waktu, bahkan masalah ini juga di alami pada zaman Uni Soviet.

Itu menimbulkan pertanyaan yang jelas mengapa Rusia tidak memangkas jumlah pasukan terjun payung agar sesuai dengan jumlah pesawat angkut? Sebagai perbandingan, Amerika Serikat memiliki 222 unit C-17 Globemaster III, jumlah ini mampu menampung satu divisi 82nd Airborne Division ditambah berbagai unit Ranger dan Pasukan Khusus Amerika Serikat sekaligus.

Kramnik menyebutkan masalah kronis dalam VDV akan terus berlangsung karena alasan politik, jumlah yang terlalu banyak dan berubah lebih dari sekedar pasukan terjun payung, mereka juga memiliki kekuatan politik di dalam Pemerintahan. militermeter