Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tingkatkan Daya Gentar, Korsel Uji Coba Luncurkan Rudal Balistik Dari Kapal Selam

Tingkatkan Daya Gentar, Korsel Uji Coba Luncurkan Rudal Balistik Dari Kapal Selam
Tingkatkan Daya Gentar, Korsel Uji Coba Luncurkan Rudal Balistik Dari Kapal Selam

VELOX.CO.ID - Salah satu kemampuan militer suatu negara yang paling ditakuti adalah kemampuan meluncurkan rudal balistik dari kapal selam.

Bayangkan jika sebuah kapal selam mendekat pada radius 100mil dari pantai lalu meluncurkan rudal balistik ke sasaran. Boom! Tidak akan ada senjata pertahanan yg mampu mencegatnya.

Nah, korea Selatan untuk pertama kalinya menguji coba peluncuran rudal balistik (SLBM) dari sebuah tongkang yang berada di kedalaman air minggu lalu.

Menurut media lokal Yonhap TV News, tes itu sukses. Ini membuka jalan bagi Republik Korea memasuki “klub elit” negara-negara yang mampu merancang dan meluncurkan SLBM-nya sendiri. Korea Selatan bisa dibilang negara ke-7 di dunia yang telah mengakuisisi teknologi ini. Semua negara yang berhasil merancang SLBM sejauh ini adalah negara klub nuklir. Korea Selatan adalah satu-satunya negara yang akan memiliki SLBM tanpa senjata nuklir strategis.

Rincian tentang tes tersebut tidak sepenuhnya terbuka untuk umum, tetapi dilaporkan peluncuran SLBM memakai varian rudal Hyunmoo 2B yang dapat ditembakkan dari jarak 500 km. Angkatan Laut Korea (RoKN) mengharapkan untuk meningkatkan fungsi strategis melawan Korea Utara dengan memanfaatkan K-SLBM (secara lokal dikenal sebagai Hyunmoo 4-4).

Media Korea lainnya menyatakan bahwa uji peluncuran dingin yang sebenarnya dari kapal selam kelas Dosan Ahn Chang Ho (KSS III Batch 1) 3.000 ton sudah dekat, sebagai kapal selam pertama, yang mampu membawa peluncur K-VLS (Vertical Launching System) untuk SLBM, diketahui akan dikirim ke Angkatan Laut Republik Korea (RoKN) dalam bulan ini.