Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesawat Tempur F-35B Singapura akan Ditempatkan di Arkansas AS

Pesawat Tempur F-35B Singapura akan Ditempatkan di Arkansas AS
Pesawat Tempur F-35B Singapura akan Ditempatkan di Arkansas AS

 

VELOX.CO.ID - Militer – Departemen Pertahanan (DoD) Amerika Serikat (AS) dalam konsultasinya dengan Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF), telah memilih Pangkalan Garda Nasional Udara Ebbing di Fort Smith, Arkansas sebagai lokasi pilihan untuk menjadi tuan rumah pesawat tempur F-35B masa depan Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF).

Untuk keperluan itu detasemen pelatihan tempur F-16 akan dipindahkan dari Pangkalan Angkatan Udara Luke, Arizona, di Continental AS (CONUS).

Pangkalan Garda Nasional Udara Selfridge di Harrison Township, Michigan, telah didirikan sebagai lokasi alternatif. Penilaian dampak lingkungan akan dilakukan untuk menilai kesesuaian sebelum keputusan dasar diselesaikan.

MINDEF Singapura ingin menyampaikan penghargaan kepada para pemimpin dan komunitas dari 2 lokasi pangkalan atas dukungan kuat mereka untuk kehadiran RSAF di CONUS.

Pangkalan Garda Nasional Udara Ebbing terpilih setelah mengikuti studi kelayakan yang cermat antara RSAF dan Angkatan Udara AS (USAF), yang mencakup faktor-faktor seperti kesesuaian lokasi dan area pelatihan, dukungan infrastruktur dan logistik.

Lokasi bersama F-16 dan F-35B RSAF juga akan memaksimalkan peluang untuk pelatihan terpadu. RSAF juga berharap untuk meningkatkan pelatihan dan pertukaran bersama dengan F-35 USAF dan Korps Marinir AS, ungkap Kementerian Pertahanan Singapura, 4-6-2021.

Pelatihan luar negeri seperti itu penting bagi Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) untuk mengatasi kendala wilayah udara lokal dan untuk melakukan pelatihan realistis kelas atas.

MINDEF Singapura dan Departemen Pertahanan AS berinteraksi secara teratur melalui pertukaran militer-ke-militer, pelatihan dan kursus, dan kerja sama teknologi pertahanan. AS telah lama memberikan dukungan untuk pelatihan luar negeri SAF di AS.

Pada tahun 2019, kedua negara juga memperbarui Nota Kesepahaman (MOU) 1990 Tentang Penggunaan Fasilitas AS di Singapura melalui Protokol Amandemen dan menandatangani MOU tentang pembentukan Detasemen Pelatihan RSAF di Pangkalan Angkatan Udara Andersen, Guam karawangportal.com.

MINDEF sebelumnya telah mengumumkan bahwa Lockheed Martin F-35B Lightning II RSAF akan dikerahkan di benua AS (CONUS) untuk pelatihan ketika empat awal dikirimkan pada tahun 2026.

F-16 RSAF di AS saat ini berbasis di detasemen Peace Carvin II (PC II) di Pangkalan Angkatan Udara Luke, Arizona. Detasemen ini didirikan pada tahun 1992 dan merupakan detasemen RSAF yang beroperasi paling lama di luar negeri.

RSAF saat ini memiliki 3 detasemen pelatihan di CONUS: detasemen F-16 PC II di Pangkalan Angkatan Udara Luke, Arizona; Detasemen F-15SG Peace Carvin V di Pangkalan Angkatan Udara Mountain Home, Idaho; dan detasemen helikopter AH-64 Apache Peace Vanguard di Marana, Arizona.

Pesawat Tempur F-35B

F-35B Lightning II adalah varian STOVL/ Naval dari Joint Strike Fighter dan dilengkapi dengan kipas pengangkat vertikal dan nosel mesin berputar untuk memberikan kemampuan pendaratan vertikal dan lepas landas pendek ke lapangan terbang ekspedisi.

Dirancang untuk beroperasi dari pangkalan yang keras dan berbagai kapal berkemampuan lepas landas/pendaratan vertikal yang pendek. Pesawat tempur F-35B juga dapat lepas landas dan mendarat secara konvensional dari landasan pacu yang lebih panjang di pangkalan utama.

Pesawat F-35B telah dikirim ke Marinir AS dan Inggris, yang pasukannya berlatih bersama di Pusat Pelatihan Terpadu di Pangkalan Angkatan Udara Eglin.

Angkatan Udara Italia juga akan mengoperasikan varian B. F-35B memiliki Kipas Angkat tepat di belakang kokpit dan mesin yang dapat berputar 90 derajat saat dalam mode lepas landas pendek/pendaratan vertikal.

Karena Lift Fan, varian STOVL memiliki ruang senjata internal yang lebih kecil dan kapasitas bahan bakar internal yang lebih sedikit daripada F-35A. Pesawat ini menggunakan metode probe dan drogue pengisian bahan bakar udara.

*Foto: Pesawat tempur f-35B (@USMC -Dane Wiedmann)