Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Israel Tetap Menggelar Pawai Bendera Yahudi di Jerussalem, Hamas Beri Peringatan Keras

VELOX
Israel Tetap Menggelar Pawai Bendera Yahudi di Jerussalem, Hamas Beri Peringatan Keras

 

VELOX.CO.ID - Pada tanggal 15 Juni, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah mengerahkan baterai pertahanan udara Iron Dome dan meningkatkan tingkat kewaspadaannya menjelang Pawai Bendera Yerusalem.

Hamas memperingatkan akan menanggapi pawai sayap kanan jika berjalan sesuai rencana, berpotensi dengan tembakan roket dari Jalur Gaza.

Omer Bar-Lev, menteri keamanan publik yang baru dilantik setelah pertemuan dengan Komisaris Polisi Kobi Shabtai dan perwakilan dari beberapa badan pertahanan Israel mengizinkan pawai berjalan sesuai rencana.

“Saya mendapat kesan bahwa polisi sudah siap dan bahwa upaya besar telah dilakukan untuk melindungi kehidupan dan keselamatan publik yang rumit,” kata Bar-Lev dalam sebuah pernyataan.

Faksi Hamas dari Palestina memperingatkan Israel bahwa pawai akan memicu kerusuhan dan perang lagi, kurang dari sebulan setelah kedua belah pihak mencapai gencatan senjata setelah 11 hari pertempuran di Gaza.

“Kami menyerukan warga Palestina di Yerusalem dan di dalam Garis Hijau untuk menghentikan pawai besok,” kata juru bicara Hamas Abdulatif al-Qanua pada hari Senin. Dia menjuluki pawai tersebut, di mana kelompok Yahudi radikal berparade melalui Kota Tua Yerussalem membawa bendera Israel, pawai ini bisa menjadi “provokasi untuk ledakan baru untuk perlindungan Masjid al-Aqsa dan Yerusalem.”

Provokasi untuk menyerang pawai itu, faksi-faksi Palestina telah menyerukan “Hari Kemarahan” di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki Israel.

“Kami memperingatkan dampak berbahaya yang mungkin timbul dari niat kekuatan pendudukan untuk mengizinkan pemukim ekstremis Israel untuk melaksanakan Pawai Bendera di Yerusalem besok,” kata Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh di Twitter.

Pawai asli dialihkan untuk menghindari Kawasan Muslim Kota Tua yang bertembok pada 10 Mei di Yerusalem.

Kaum kanan Israel menuduh pemerintah mereka menyerah pada Hamas dengan mengubah rutenya. Mereka menjadwal ulang prosesi setelah gencatan senjata di Gaza yang dimediasi Mesir berlangsung.

Perubahan rute atau pembatalan prosesi dapat mengekspos koalisi tambal sulam Bennett untuk tuduhan dari Netanyahu, yang sekarang menjadi oposisi, dan sekutu sayap kanannya memberikan hak veto Hamas atas peristiwa di Yerusalem.

Protes Palestina direncanakan di seluruh Jalur Gaza, dan serta faksi Fatah dan Hamas. Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah meminta warga Palestina untuk berduyun-duyun ke Kota Tua untuk melawan pawai.

“Ketegangan meningkat lagi di Yerusalem pada waktu keamanan & politik yang sangat rapuh & sensitif, ketika PBB & Mesir secara aktif terlibat dalam memperkuat gencatan senjata,” kata utusan PBB untuk Timur Tengah Tor Wennesland di Twitter.

“Mendesak semua pihak terkait untuk bertindak secara bertanggung jawab & menghindari provokasi yang dapat mengarah pada putaran konfrontasi lagi,” katanya.

Pembentukan aliansi Bennett dari partai-partai sayap kanan, tengah, sayap kiri dan Arab, dengan sedikit kesamaan selain keinginan untuk menggulingkan Netanyahu, membatasi upaya pembangunan koalisi setelah pemilihan 23 Maret, yang keempat bagi Israel dalam dua tahun.

Beberapa menit setelah bertemu Bennett, 49, pada hari penuh pertamanya menjabat, Netanyahu mengulangi janji untuk menggulingkan pemerintahannya.

“Itu akan terjadi lebih cepat dari yang Anda pikirkan,” Netanyahu, 71, yang menghabiskan rekor 12 tahun berturut-turut di menjadi PM, mengatakan dalam sambutan publik kepada legislator partai sayap kanan Likud-nya.