Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arab Saudi Hentikan Serangan Udara Ke Yaman Untuk Menuju Proses Perdamaian

velox
Arab Saudi Hentikan Serangan Udara Ke Yaman Untuk Menuju Proses Perdamaian


VELOX.CO.ID - Koalisi pimpinan Arab Saudi yang berperang melawan Pemberontah Houthi di Yaman mengklaim bahwa mereka telah menghentikan kampanye serangan udara untuk ‘membuka jalan bagi penyelesaian damai untuk konflik tersebut.’

Itu juga mengikuti laporan bahwa koalisi telah menyerang divisi lapis baja Houthi di dekat ibu kota yang dikuasai pemberontak Sanaa pada 10 Juni.

Koresponden dengan kantor berita AFP di kota itu mendengar ledakan keras dan melihat asap membubung di langit. Houthi tidak segera mengomentari ledakan itu.

Juru bicara koalisi Turki al-Maliki mengatakan kepada televisi pemerintah Saudi bahwa “tidak ada operasi militer yang dilakukan di sekitar Sana’a atau kota-kota Yaman lainnya dalam periode yang lalu”.

De-eskalasi ditujukan untuk “mempersiapkan landasan politik untuk proses perdamaian di Yaman”, katanya.

Meskipun demikian pada 12 Juni, koalisi pimpinan Saudi melakukan setidaknya 20 serangan udara.

14 di antaranya berada di daerah Sarwah, 6 di antaranya di daerah Kitaf dan lebih banyak lagi di daerah Madghal.

Pengamat mungkin bertanya berapa banyak serangan udara yang dilakukan koalisi pimpinan Saudi pada 13 Juni, jawabannya adalah: 20.

Dengan demikian, tindakan menghentikan serangan udara hanya berarti bahwa ibu kota Sana’a tidak akan dibom, sementara yang lainnya, kurang lebih, adalah permainan yang adil.

Komentar Al-Maliki muncul di tengah serangan Houthi selama berbulan-bulan untuk merebut kota Marib dan ladang minyak di sekitarnya – kantong signifikan terakhir dari wilayah yang dikuasai pemerintah di Yaman utara.

Komunitas internasional dan berbagai LSM tidak membuang waktu untuk mengklaim bencana kemanusiaan sedang terjadi jika Houthi berada di atas angin di suatu tempat di garis depan, sementara eksploitasi Arab Saudi sebagian besar tidak diperhatikan.

Upaya diplomatik juga diduga meningkat, dengan utusan PBB Martin Griffiths mengadakan pembicaraan di Iran dengan menteri luar negeri negara itu dalam kunjungan dua hari, yang kedua tahun ini.

Awal bulan ini, utusan pejabat Oman mengunjungi Sanaa untuk mencoba meyakinkan pemberontak untuk menerima gencatan senjata, menurut sumber pemberontak.

Menteri Luar Negeri Oman Badr Albusaidi tiba di ibu kota Saudi, Riyadh, untuk melakukan pembicaraan pada 9 Juni.

Sebagai tanda kemajuan lain dalam upaya perdamaian (setidaknya di Sana’a), pejabat Houthi telah mulai memperbaiki jalan di dekat bandara Sana’a, sumber lokal mengatakan kepada AFP, menunjukkan bahwa fasilitas itu dapat segera dibuka kembali.

Sumber-sumber industri mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa pekerjaan konstruksi telah dimulai di beberapa bagian bandara, yang telah menjadi sasaran puluhan kali oleh serangan udara koalisi. Aliansi militer mengatakan fasilitas itu digunakan untuk penyelundupan senjata, yang dibantah oleh Houthi.

Direktur bandara Khaled al-Shayef mengatakan dalam sebuah posting Twitter bahwa ia bertemu maskapai Yaman untuk membahas pemeliharaan dan peralatan di bandara, dan juga mengadakan pembicaraan dengan Perusahaan Minyak Yaman mengenai pasokan bahan bakar untuk pesawat.

***militermeter.com***