Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bashar Assad Terpilih Lagi Jadi Presiden Suriah Dengan Kemenangan Mutlak 95%

 

VELOX.CO.ID
Bashar Assad Terpilih Lagi Jadi Presiden Suriah Dengan Kemenangan Mutlak 95%

VELOX.CO.ID - Dalam hasil yang sudah diramalkan akan seperti apa hasilnya, presiden petahana Suriah Bashar al-Assad memenangkan pemilihan 26 Mei dengan 95,1% suara.

Pemerintah Assad mengatakan pemilu menunjukkan Suriah berfungsi normal meskipun ada konflik yang telah berlangsung selama satu dekade.

Ketua parlemen Suriah, Hammouda Sabbagh mengumumkan hasil pada konferensi pers, mengatakan jumlah pemilih sekitar 78%, dengan lebih dari 14 juta warga Suriah mengambil bagian.

Calon kedua calon Presiden, Mahmoud Marei memperoleh 470.276 suara dengan 3,3% dari pemilih, sedangkan Abdallah Salloum Abdallah memperoleh 213.968 suara dengan 1,5% dari pemilih yang benar.

“Atas hal itu, dan sesuai dengan pasal 86 konstitusi dan butir / B / pasal 79 UU Pemilu, dan mengingat Tuan Bashar al-Assad memperoleh suara mayoritas dengan 95,1%, saya punya dengan senang hati mengumumkan kemenangan Dr. Bashar al-Assad dengan jabatan presiden Republik Arab Suriah, ”tambah Pembicara.

Pemilu tetap berjalan meskipun ada proses perdamaian yang dipimpin oleh PBB yang menyerukan pemungutan suara di bawah pengawasan internasional yang akan membantu membuka jalan bagi konstitusi baru dan penyelesaian politik.

Para menteri luar negeri Prancis, Jerman, Italia, Inggris dan Amerika Serikat mengatakan dalam sebuah pernyataan yang mengkritik Assad menjelang pemilihan bahwa pemungutan suara tidak akan bebas atau adil.

Pemilihan tersebut berarti bahwa Bashar al-Assad akan tetap menjadi presiden Suriah selama 7 tahun lagi, dan keluarganya telah memimpin negara itu selama hampir 60 tahun.

“Terima kasih untuk semua warga Suriah atas rasa nasionalisme yang tinggi dan partisipasi mereka yang penting. … Untuk masa depan anak-anak Suriah dan kaum mudanya, mari mulai besok kampanye kerja kita untuk membangun harapan dan membangun Suriah, “tulis Assad di halaman Facebook kampanyenya.

Dia sekarang perlu terus berurusan dengan ISIS di wilayah tengah dan “oposisi moderat” di Greater Idlib, tetapi juga dengan krisis ekonomi yang berat.

Ini karena pengetatan sanksi AS, keruntuhan keuangan negara tetangga Lebanon, pandemi COVID-19 yang menghantam pengiriman uang dari warga Suriah di luar negeri dan ketidakmampuan sekutu Rusia dan Iran untuk memberikan bantuan yang cukup.