Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rudal Pertahanan Udara Siper Buatan Turki Sukses Jalan Uji Coba

Rudal Pertahanan Udara Siper Buatan Turki Sukses Jalan Uji Coba
Rudal Pertahanan Udara Siper Buatan Turki Sukses Jalan Uji Coba


VELOX.CO.ID - Turkey telah berhasil menguji coba sistem rudal pertahanan udara jarak jauh ketinggian tinggi, Siper, seorang pejabat tinggi pertahanan mengatakan Sabtu.

Rudal ini direncanakan untuk masuk arsenal militer Turki pada tahun 2023, kata, Ismail Demir, kepala Presidensi Industri Pertahanan (SSB).

Dia mengatakan Turki akan terus memproduksi senjata baru dan akan memiliki hingga enam sistem pertahanan udara yang berbeda.

Proyek Siper dipimpin oleh raksasa pertahanan Turki Aselsan, Roketsan dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Pertahanan (SAGE) dari Dewan Riset Ilmiah dan Teknologi Turki (TÜBITAK).

Dikembangkan untuk melindungi fasilitas strategis dari serangan musuh dalam lingkup pertahanan udara regional, Siper akan memungkinkan pertahanan udara jarak jauh.

Sistem pertahanan udara Siper ini diperkirakan akan menyaingi S-400 Rusia, sistem pertahanan udara Korkut, Sungur dan Hisar yang sudah ada, pilihan ini akan menjadikan sistem pertahanan udara berlapis untuk negara tersebut, seperti yang direncakan beberapa kali oleh para pejabat.

Selain altitude tinggi, Turki kuga mengembangkan pertahanan udara untuk ketinggian rendah yaitu rudal Hisar-A telah dimulai, produksi massal rudal Hisar-O juga telah dimulai. Rentang intersepsi sistem Hisar-A adalah 15 kilometer (9,3 mil), sedangkan sistem Hisar-O adalah 25 kilometer. 

Siper, di sisi lain, dimaksudkan untuk berada pada level yang dapat bersaing dengan S-400 sehingga ke depan Turki bisa mandiri.[militermeter]