Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Indonesia dan Turki Tekan Kerjasama Militer Senilai 2 Milyar Dolar

 

Indonesia dan Turki Tekan Kerjasama Militer Senilai 2 Milyar Dolar
Indonesia dan Turki Tekan Kerjasama Militer Senilai 2 Milyar Dolar

VELOX.CO.ID - Perjanjian pra-pengadaan senilai USD 2 miliar ditandatangani antara Turki dan Indonesia. Kontrak mencakup platform pertahanan dan kedirgantaraan.

Menurut informasi yang diterima SavunmaSanayiST.com dari sumber diplomatik; Turki dan Indonesia menandatangani perjanjian pra-pengadaan pada Desember 2019. Kontrak ini mempunyai value sebesar US$ 2 miliar.

Hal Ini mencakup ekspor Kapal Patroli Lepas Pantai/OPV, Drone Aerial UAV (S İHA) dan amunisi S İHA. Pada saat yang sama, hubungan kemitraan strategis dikembangkan antara dua negara yang akan memungkinkan transfer teknologi, produksi gabungan dan penjualan ke third world country.

Mengikuti perjanjian yang sudah ditandatangani pada periode sebelumnya, langkah-langkah yang telah diambil Selama TEKNOFEST 2021 yang diselenggarakan bulan lalu, adalah Industri Dirgantara Turki Inc. (TUSA Ş) dan PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menandatangani kontrak kerja sama memorandum (MoU).

Menurut informasi yang diperoleh oleh SavunmaSanayiST.com, MoU yang dimaksud; Ini mencakup perluasan dan modernisasi N-219 Nurtanio Utility Aircraft, kerjasama rekayasa dalam pengembangan gabungan dan produksi pesawat N245, dan modernisasi Armada CN235.

Industri Pertahanan Indonesia dan Turki

Kepentingan Indonesia terhadap produk industri pertahanan Turki meningkat hari demi hari. Indonesia telah memesan ZOKA Acoustic Torpedo Countermeasure Jammer dan sistem lainnya dari ASELSAN dalam beberapa tahun terakhir.

KAPLAN Medium Tank, ZARGANA Torpedo Countermeasure untuk Submarines dan Radar ACAR yang dikembangkan oleh FNSS termasuk beberapa produk industri pertahanan Turki yang saat ini digunakan oleh TNI.

Indonesia menunjukkan minat besar pada ANKA Medium Altitude – Long Endurance (MALE) UAV yang diproduksi oleh TAI dan KORKUT Self-Propelled Low Altitude Air Defense Artillery System yang diproduksi oleh ASELSAN. Di sisi lain, diketahui bahwa kepentingan serupa juga untuk MİLGEM dan ALTAY.