Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beber 5 Alasan Jokowi Harus Mundur, Rizal Ramli: Saya Minta Mas Ngaca, Supaya Tahu Diri

Beber 5 Alasan Jokowi Harus Mundur, Rizal Ramli: Saya Minta Mas Ngaca, Supaya Tahu Diri
Rizal Ramli di Youtube Refly. Foto: Ist.

 

KARAWANGPORTAL - Pakar ekonomi Rizal Ramli terus menyuarakan agar Jokowi segera mundur dari jabatannya sebagai presiden. Hal itu kembali disampaikan dalam sebuah perbincangan dengan Refly Harun, dikutip Kamis 23 September 2021. “Memang saya minta Mas Jokowi supaya ngaca, supaya tahu diri, karena kinerjanya payah banget,” kata dia dikutip Hops.id

Adapun Rizal Ramli mencatat ada 5 alasan kuat mengapa Jokowi pantas mundur sebagai presiden RI. Pertama, kata Rizal Ramli, terkait ekonomi Indonesia yang sudah makin rusak saat pandemi. 

Dia bilang, sebelum pandemi saja ekonomi RI sudah karut marut, kini tambah parah setelah menghadapi pandemi. 

Dan itu bukan bualan semata, karena argumentasinya bisa dipertanggungjawabkan lewat angka-angka. Alasan kedua, Jokowi dinilai tidak mengembangkan demokrasi, justru sebaliknya, malah membuat mundur demokrasi di Tanah Air. “Kita dari dulu kan pro demokrasi, eh dia bikin demokrasi mundur, kembali lagi KKN, dan semangat otoriter,” katanya lagi. Sedangkan faktor ketiga, dia terbukti gagal melawan korupsi. 

Karena sudah membuat lemah KPK, termasuk memberikan banyak diskon hukuman pada pelaku korupsi. Rizal Ramli lantas melanjutkan analisanya mengapa Jokowi layak mundur. 

Di faktor keempat, dia menilai Jokowi telah gagal meningkatkan kesehateraan rakyat. Dan terakhir, gagal memberangkatkan rakyat naik haji dua tahun berturut-turut. “Saya dapat amanah senior di Yogya beberapa tahun yang lalu saat berkunjung ke sana, dia titip isu ini ke saya sampai nangis. Dia bilang, dia itu Jokowers, tapi kesal dengar dana haji dipakai ke yang lain-lain. 

Padahal kan itu dananya umat, jadi masih ingat momen itu.” Dia juga bilang, Jokowi terlihat sangat berpihak pada orang kaya ketimbang rakyat miskin. Ini bisa terlihat dari upayanya yang selalu menekan pajak ke bawah, tapi melayani orang kaya. 

Mulai dari royalti batu bara dibikin 0 persen, pengusaha bebas pajak 20 tahun, sedangkan pendidikan dipajakin, dan sebagainya. “Makin lama Jokowi di sana, beban rakyat dan warisan negara akan makin kompleks karena hanya akan meninggalkan beban luar biasa. Lebih baik mundur,” katanya. [hops]