Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AL Korsel Luncurkan Kapal Perang Frigat Kelas Daegu Keenam

AL Korsel Luncurkan Kapal Perang Frigat Kelas Daegu Keenam
AL Korsel Luncurkan Kapal Perang Frigat Kelas Daegu Keenam

 

VELOX.CO.ID - Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME) Korea Selatan hari ini meluncurkan RoKS Pohang (FFG-825), frigat FFX Batch II kelas Daegu keenam untuk Angkatan Laut Republik Korea (RoKN). Acara berlangsung di Galangan Kapal Okpo DSME.

Acara diadakan dalam skala lebih kecil dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan dihadiri sekitar 40 orang, termasuk Kepala Staf Gabungan Won-cheol Won, dan Kepala Operasi Angkatan Laut RoK, Laksamana Boo. Suk-jong

Kapal pertama di kelasnya, RoKS Daegu, dibangun oleh DSME. Diluncurkan pada Juni 2016 dan telah ditugaskan oleh Angkatan Laut RoK pada 6 Maret 2018. Kapal kelas kedua, RoKS Gyeongnam diluncurkan pada Juni 2019 dan ditugaskan pada Januari tahun ini. semua dibangun oleh DSME. Frigat ketiga dan keempat dari kelas RoKS Seoul dan RoKS Donghae dibangun oleh Hyundai Heavy Industries (HHI) dan diluncurkan masing-masing pada November 2019 dan April 2020. Kapal kelima di kelasnya, RoKS Daejeon (FFG-823 diluncurkan pada Mei 2021 oleh DSME.

Sebanyak 8 frigat kelas ini, juga dikenal sebagai kelas Incheon batch II atau FFG-II, yang dibangun oleh DSME dan Hyundai Heavy Industries, untuk armada AL Korea Selatan.

RoKS Pohang akan ditugaskan dengan Angkatan Laut RoKN pada awal 2023. Sebuah program untuk membangun frigat batch ketiga (FFX III) yang akan berbobot lebih dari 3.000 ton dan menampilkan radar array bertahap juga sedang berlangsung. HHI mengumumkan tahun lalu bahwa mereka menandatangani kontrak untuk desain rinci dan konstruksi frigat FFX Batch III 3.500 ton.

Tentang frigat FFX Batch II kelas Daegu

Frigat ini adalah versi perbaikan dari kelas Incheon (FFX batch I). Fregat FFX Batch II berbobot 2.800 ton (3.593 ton muatan penuh), dengan panjang 122 meter, lebar 14 meter, dan tinggi 34 meter. Kapal jenis ini dapat menampung helikopter maritim.

Frigat ini dilengkapi dengan sistem peluncuran vertikal Korea 16-sel (K-VLS) untuk menyebarkan K-SAAM (Korean Surface to Air Anti Missile), rudal anti-kapal selam Hong Sang Eo (Red Shark), dan Haeryong (SSM-701K Sea). Naga) rudal jelajah serangan darat taktis. Mereka juga dilengkapi dengan peluncur torpedo untuk perang anti-kapal selam dan delapan rudal anti-kapal Haeseong SSM-700K. Semua sistem rudal ini dirancang dan diproduksi oleh perusahaan lokal LIG Nex1. Sistem senjata terdiri dari mod Mk 45. 4 sistem senjata angkatan laut (meriam utama) dan Phalanx Block 1B CIWS.

Didukung oleh empat mesin diesel MTU 12V 4000 M53B dan satu turbin gas Rolls-Royce MT30 dalam pengaturan Combined diesel-electric and gas (CODLAG), frigat ini memiliki sistem propulsi hybrid untuk mengurangi kebisingan yang terpancar di bawah air. Kelas ini mampu mencapai kecepatan 30 knot, menurut DAPA.

Menurut Angkatan Laut RoK, frigat baru ini memiliki “sonar dan sistem tenaga canggih untuk meningkatkan kemampuan anti-kapal selam dalam operasi pesisir”. Sistem sonar pasif frekuensi rendah SQR-250K TASS digunakan untuk mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak kapal selam musuh. Sistem propulsi hibridanya mengurangi kebisingan radiasi bawah air, yang sangat meningkatkan kemampuan anti-kapal selam kapal.[militermeter]