Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Temukan Silo Baru, Pakar AS Cermati Ekspansi Arsenal Nuklir China

Temukan Silo Baru, Pakar AS Cermati Ekspansi Arsenal Nuklir China
Temukan Silo Baru, Pakar AS Cermati Ekspansi Arsenal Nuklir China

 

VELOX.CO.ID - Militer Internasional   –   Gambar satelit komersial yang diperoleh oleh para peneliti di James Martin Center for Nonproliferation Studies pada awal Juli 2021 mendorong para ahli AS mendapatkan kesan bahwa China telah mulai membangun lebih dari 100 silo baru untuk Rudal balistik antarbenua di dekat kota Yumen sebagai bagian dari “pembangunan” untuk memperluas kemampuan nuklir.

China dilaporkan sedang membangun jaringan silo nuklir di provinsi Xinjiang Timur yang terpencil di negara itu, ungkap data yang diberikan oleh Federasi Ilmuwan Amerika (FAS), dirilis Sputniknews.com, Selasa 27-7-2021.

Pakar nuklir dari lembaga pemikir global nirlaba yang mempelajari citra satelit dari jaringan jaringan dari perusahaan data geospasial Planet Labs menduga bahwa konstruksi mungkin telah dimulai Maret 2021 ini.

Setidaknya 14 silo tampaknya ditemukan, dengan area yang dibuka untuk potensi konstruksi 19 lainnya. Secara keseluruhan, hingga 110 silo dapat ditempatkan di daerah gurun, klaim para ilmuwan, menambahkan bahwa silo bawah tanah biasanya digunakan untuk menampung Rudal Balistik Antarbenua (ICBM) yang dirancang untuk pengiriman senjata nuklir.

Peneliti FAS Matt Korda dan Hans M. Kristensen menulis dalam studi mereka bahwa “ICBM China berpotensi membawa lebih dari 875 hulu ledak (dengan asumsi 3 hulu ledak per Rudal) ketika silo untuk Rudal Yumen dan Hami selesai,” naik dari perkiraan 185 hulu ledak yang ada. Studi FAS menggarisbawahi:

“Pembangunan silo di Yumen dan Hami merupakan perluasan paling signifikan dari persenjataan nuklir China yang pernah ada.”

Ini dilaporkan merupakan bidang kedua yang ditemukan melalui citra satelit komersial dalam beberapa pekan terakhir. Bulan lalu ada 119 silo yang sedang dibangun terungkap di dekat Yumen di provinsi Gansu Barat Laut China, menurut sebuah laporan di The Washington Post, mengutip gambar satelit dari James Martin Center for Nonproliferation Studies di Monterey.

 

 

 

Menanggapi laporan di The Post, para ahli nuklir China menolak klaim pangkalan nuklir yang sedang dibangun. Song Zhongping, mantan instruktur Tentara Pembebasan Rakyat, dikutip oleh South China Morning Post mengatakan bahwa silo nuklir sudah ketinggalan zaman.

“China telah menggunakan peluncur seluler dan membuang silo tetap ini, yang memakan waktu, padat karya, mahal, dan rentan diserang dan dihancurkan,” kata Song.

Kristensen, direktur Proyek Informasi Nuklir di FAS, dikutip oleh Insider mengakui bahwa silo stasioner rentan terhadap serangan. Namun, dia menambahkan bahwa “solusi” untuk masalah ini bagi China adalah “membangun Rudal yang dapat bereaksi cukup cepat untuk keluar dari silo sebelum dihancurkan.”

“Hari ini, beberapa Rudal paling modern benar-benar dikerahkan dalam silo, jadi itu sama sekali tidak dianggap tua,” kata outlet tersebut mengutip Kristensen.

Beijing tampaknya mengembangkan kemampuan meluncurkan Rudal balistik antarbenua (ICBM) canggih dari silo bawah tanah untuk membalas dengan cepat terhadap kemungkinan serangan nuklir, ujar kantor berita AP mengutip Hans Kristensen mengatakan pada Maret tahun ini.

Klaim itu muncul setelah analisis serupa dari serentetan foto satelit komersial, yang mendorong ahli untuk berasumsi bahwa setidaknya 16 silo bawah tanah di tempat pelatihan rudal besar di dekat Jilantai di wilayah Utara-Tengah negara itu sedang dibangun.

Silo ini menambah 20 bahwa China sudah beroperasi dengan ICBM yang lebih tua, yakni DF-5, ujar Kristensen menambahkan, menguraikan bahwa “itu hanya akan merupakan sebagian kecil dari jumlah silo ICBM yang dioperasikan oleh Amerika Serikat dan Rusia”.

Menurut dia, gambar-gambar itu menunjukkan bahwa China sedang mencari cara untuk melawan apa yang mungkin dianggapnya sebagai ancaman yang meningkat dari AS. Pentagon telah berargumen dalam laporan tahunannya tentang perkembangan militer China musim panas lalu bahwa Beijing bermaksud untuk meningkatkan kemampuan kekuatan nuklirnya dengan menempatkan lebih banyak ICBM di silo bawah tanah.

“Kebijakan senjata nuklir RRC memprioritaskan pemeliharaan kekuatan nuklir yang mampu bertahan dari serangan pertama dan merespons dengan kekuatan yang cukup untuk menimbulkan kerusakan yang tidak dapat diterima pada musuh”,ujar laporan itu menegaskan.

Ada laporan yang saling bertentangan tentang jumlah pasti hulu ledak nuklir yang dimiliki China. Beberapa penilaian menyebutkan angkanya sekitar 290, sementara sebuah laporan oleh Bulletin of Atomic Scientists menyarankan persediaan 350 nuklir di Beijing.

Tahun lalu, China mengatakan tidak berniat untuk bergabung dengan pembicaraan Rusia-AS tentang masa depan Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (START), dengan alasan bahwa ia hanya memiliki sebagian kecil dari persenjataan nuklir yang dimiliki oleh Moskow dan Washington.

*Foto: dok. Rudal balistik DF-31 China. (@Commons.wikimedia.org) Jakartagreater.com