Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rusia Memesan Tank Tempur Tanpa Awak Shturm

 

Rusia Memesan Tank Tempur Tanpa Awak Shturm
Rusia Memesan Tank Tempur Tanpa Awak Shturm

VELOX.CO.ID - Kementerian Pertahanan (MoD) Rusia menandatangani kontrak pertama untuk prototipe sistem kendaraan darat tak berawak (UGV/Unmanned Ground Vehicle) Shturm (Project Storm) berdasarkan tank tempur utama (MBT) T-72 pada pameran pertahanan Angkatan Darat 2021 yang diadakan di Kubinka dari 22 hingga 28 Agustus, kantor berita TASS melaporkan pada 24 Agustus.

Shturm adalah konsep ketiga yang didasarkan pada empat MBT T-72B3 yang dikembangkan oleh Central Scientific Research Institute Rusia dan produsen T-72 Uralvagonzavod.

Seperti yang diperkirakan semula, sebuah sistem akan terdiri dari empat T-72B3 yang dimodifikasi untuk operasi tak berawak: satu dengan meriam tank smoothbore D-414 125mm dan dozer blade, yang kedua dipersenjatai dengan peluncur roket termobarik RPO-2 Shmel-M, yang ketiga dengan dua meriam 2A42 30 mm, sedang yang keempat membawa persenjataan yang mirip dengan peluncur roket multipel termobarik berat TOS-1A.

UGV ini diharapkan akan dikendalikan oleh tim beranggotakan delapan orang yang ditempatkan di kendaraan kelima yang juga didasarkan pada MBT T-72B3.