Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rudal Taktis RAM Block 2 dan Sistem Aegis untuk Destroyer Jepang

Rudal Taktis RAM Block 2 dan Sistem Aegis untuk Destroyer Jepang
Rudal Taktis RAM Block 2 dan Sistem Aegis untuk Destroyer Jepang

 

VELOX.CO.ID - Washington, Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan (DSCA) Amerika Serikat (AS) menyetujui kemungkinan penjualan peralatan militer kepada Jepang berupa dukungan dan peralatan terkait Destroyer AEGIS class, dengan perkiraan biaya $134 juta.

Pemerintah Jepang meminta untuk membeli Follow-On Technical Support (FOTS) bagi AEGIS Class Destroyer, untuk Pembaruan perangkat lunak komputer AEGIS, integrasi dan pengujian sistem, dukungan teknik; dukungan operasional; perbaikan sistem; peningkatan sistem; operasi dan pemeliharaan; integrasi sistem tempur; pengembangan, pengujian, pemasangan patch program dan data adaptasi.

Penjualan peralatan militer ini juga meliputi: perjanjian layanan tahunan; operasi; integrasi; pemeliharaan; rekayasa layanan lapangan; investigasi masalah; bantuan teknis; solusi untuk masalah teknis yang timbul pasca produksi, kemampuan dan dukungan pengujian, bantuan teknis Pemerintah AS: elemen logistik dan dukungan program terkait lainnya.

Penjualan yang diusulkan untuk memastikan armada Penghancur Aegis Angkatan Laut Jepang (JMSDF) dan Situs Uji Program Komputer Jepang (JCPTS) tetap siap untuk memberikan kemampuan dalam pertahanan Jepang.

Secara khusus, layanan CPM yang diminta akan memberi JMSDF patch perangkat lunak dan dukungan data adaptasi yang penting untuk operasi rangkaian Aegis Combat Systems (ACS) yang efektif dan aman. Dukungan teknis dan darurat dalam negeri akan membantu JMSDF untuk mengatasi setiap malfungsi atau kesalahan yang mungkin timbul dengan rangkaian ACS. Jepang tidak akan kesulitan menyerap layanan dan dukungan ini ke dalam angkatan bersenjatanya.

Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS juga menyampaikan sertifikasi yang diperlukan dan memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan itu pada Kamis, 5-8-2021, ujar DSCA dalam siaran persnya.

Rudal Taktis RAM Block 2

Selain memesan peralatan untuk sistem AEGIS destroyer, Jepang juga memesan 44 rudal taktis RAM block 2.

Departemen Luar Negeri juga menyetujui kemungkinan penjualan Rudal taktis RAM block 2 dan peralatan terkait dengan perkiraan biaya $ 61,5 juta, kata DSCA, hari Rabu 4-8-2021.

Badan tersebut menyerahkan sertifikat yang diperlukan pada 4-8-2021 untuk memberi tahu Kongres tentang kemungkinan penjualan, katanya.

Pemerintah Jepang telah meminta untuk membeli hingga empat puluh empat (44) Rolling Airframe Missiles (RAM) Block 2 Tactical Missiles, RIM-116C. Juga termasuk Grup Kontrol Bimbingan Blok 2 RAM; Wadah pengiriman dan penyimpanan Paket Tri-Pack Rudal yang Dipandu RAM; Layanan dukungan teknis dan logistik dari Pemerintah AS dan kontraktor; dan elemen terkait lainnya dari logistik dan dukungan program. Total perkiraan biaya program adalah $61,5 juta.

Sistem senjata peluru kendali RAM adalah senjata pertahanan diri kapal paling modern yang dirancang untuk memberikan perlindungan luar biasa bagi kapal dari semua ukuran. Saat ini dikerahkan di lebih dari 165 kapal di 11 negara, mulai dari kapal serang cepat 500 ton hingga kapal induk 95.000 ton.

Senjata supersonik, ringan, reaksi cepat, tembak dan lupakan, sistem RAM dirancang untuk menghancurkan rudal anti-kapal. Tidak memerlukan arah tambahan saat diluncurkan, frekuensi radio pasif dan desain panduan inframerahnya memberikan daya tembak tinggi untuk menghadapi berbagai ancaman secara bersamaan. Rudal ini terus ditingkatkan untuk tetap berada di depan ancaman rudal anti-kapal, helikopter, pesawat terbang, dan kapal permukaan yang terus berkembang.

Varian Block 2, evolusi terbaru dalam pengembangan rudal RAM, memiliki motor roket yang lebih besar, bagian kontrol yang canggih, dan penerima RF yang ditingkatkan yang mampu mendeteksi pemancar ancaman yang paling tenang. Perbaikan membuat rudal dua setengah kali lebih bermanuver, dengan satu setengah kali jangkauan pencegatan efektif. Ini memberikan varian Blok 2 kemampuan untuk mengalahkan ancaman yang sangat menekan, meningkatkan kemampuan bertahan kapal yang dipertahankan.

Kapal Destroyer Jepang

Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) menugaskan Destroyer AEGIS kelas Maya kedua dan terakhir di galangan kapal Japan Marine United Corporation (JMU) Isogo di Yokohama pada 19 Maret 2021. Destroyer JS Haguro (DDG-180) bergabung dengan JMSDF’s Escort Flotilla 4, yang berbasis di Sasebo.

JS Haguro adalah kapal kedua dan terakhir dari kapal perusak kelas Maya. Kapal ini merupakan perusak Aegis kedelapan dari JMSDF yang dibangun pada Januari 2018 dan diluncurkan pada 17 Juli 2019.

Kapal pertama di kelasnya, DDG-179 JS Maya ditugaskan pada 19 Maret 2020. Kapal perusak kelas baru ini dilengkapi dengan kemampuan pertahanan rudal balistik (BMD). Setiap unit berharga sekitar US$ 1,5 miliar.

Kapal perusak peluru kendali kelas Maya adalah versi modifikasi dari kelas Atago, dengan Aegis Combat System dan sistem propulsi listrik yang diperbarui.

Destroyer Kelas Maya Jepang akan dibatasi hanya untuk dua kapal. Kapal Jepang berikutnya yang juga menampilkan Aegis masih belum ditentukan spesifikasinya dan kemungkinan akan dipesan sebagai konsekuensi dari pembatalan Aegis Ashore,

*Foto: RAM Block 2 missile (@US Navy) Jakartagreater.com