Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penerbad dan US Army, Fast Rope dan Air Insertion di Garuda Shield

Penerbad dan US Army, Fast Rope dan Air Insertion di Garuda Shield
Penerbad dan US Army Latihan Air Insertion di Garuda Shield 2021 (@Penerbad)

VELOX.CO.ID - Satuan Penerbang TNI Angkatan Darat (Penerbad) melakukan Fast Rope dalam Latihan Garuda Shield-15 tahun 2021 dengan menggunakan Helikopter Bell 412. Dalam Fast Rope ini Penerbad membawa Pasukan Yonif 330 dengan ransel dan senjata lengkap, untuk meluncur dengan tali dari helikopter.

Fast Rope adalah menurunkan pasukan secara cepat ke titik yang tidak dapat dijangkau lewat lewat jalur darat.

Dalam setiap Helikopter terdapat 8 prajurit, secara bergantian turun ke darat menggunakan 1 tali yang mana ujungnya dikaitkan di badan Helikopter.

Dalam momen ini naluri tempur prajurit sangat dipakai untuk bisa melakukan Latihan Fast Rope. Latihan ini berjalan lancar dan aman, ungkap IG Penerbad Wira Amur, 8 Agustus 2021.


 

Latihan Air Insertion

Sebelumnya pada tanggal 6 Agustus 2021, satuan Penerbad telah melakukan Gladi Air insertion dengan US Army Aviation dalam Latihan Garuda Shield tahun 2021 ini.

Dalam Latihan Air insertion Penerbad mengerahkan 4 unit Helikopter Bell 412 dengan julukan Eagle Flight.

Sementara US Army Aviation menggunakan 3 unit Helikopter Blackhawk. Latihan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Air Insertion adalah operasi penyusupan/ menyisipkan pasukan tempur lewat udara (helikopter) untuk mengambil kembali kendali, atau membuka basis pertahanan di wilayah musuh untuk kedatangan pasukan yang lebih besar, serta berbagai operasi militer lainnya, di wilayah musuh.


 

Garuda Shield 2021

Secara keseluruhan, Latihan gabungan Garuda Shield antara TNI AD dan US Armay berlangsung dari tanggal 1 hingga 14 Agustus 2021. Latihan ini dilakukan di tiga lokasi, yakni: Puslatpur Kodiklatad di Baturaja, Sumatera Selatan, Daerah Latihan Amborawang di Balikpapan, dan Makalisung di Manado.