Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kewalahan Hadapi Pemberontak Pro Rusia, Ukraina Minta Bantuan Amerika Serikat

Kewalahan Hadapi Pemberontak Pro Rusia, Ukraina Minta Bantuan Amerika Serikat
Kewalahan Hadapi Pemberontak Pro Rusia, Ukraina Minta Bantuan Amerika Serikat

 

VELOX.CO.ID - Ukraina telah meminta Amerika Serikat untuk mengirim pasukan dan sistem anti-rudal ke negara itu. Wakil Perdana Menteri Ukraina dan Menteri Reintegrasi Wilayah Tak Terkendali Alexei Reznikov mendesak pada pertemuan dengan Kepala Yayasan Jamestown AS Glen Howard selama kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat “untuk memperluas paket keamanan untuk Ukraina” terutama dengan mengerahkan sistem pertahanan udara AS dan pengiriman personel pasukan.

“Penting untuk memperluas paket keamanan untuk Ukraina,” kata Reznikov. “Pertama-tama, dengan sistem rudal pertahanan udara, dan jika perlu mengerahkan pasukan Amerika.”

Dia berpendapat bahwa di bawah undang-undang Ukraina, pasukan asing diizinkan ditempatkan di negara itu.

Rusia, yang telah lama memperingatkan AS dan sekutu NATO-nya agar tidak mengirim pasukan militer ke dekat perbatasannya, menggambarkan permintaan Reznikov ini sebagai “provokasi”.

Ketua komite urusan luar negeri negara Rusia, Leonid Slutsky, mengatakan dalam sebuah pesan bahwa pengerahan pasukan militer AS di dekat perbatasan Rusia-Ukraina “tidak diragukan lagi akan meningkatkan respon Moskow” dan bahwa “ketegangan akan melonjak.”

Sementara itu, di Ukraina Timur, Kiev melaporkan peningkatan “eskalasi” ketika pasukan pemberontak DPR dan LPR menembaki posisi Angkatan Bersenjata Ukraina sebanyak 16 kali dalam 24 jam.

Tidak jauh dari Novoluhanske, tentara Ukraina diserang oleh peluncur granat otomatis. Akibat tembakan musuh, tiga prajurit menderita luka pecahan peluru.

Salah satu tentara yang terluka kemudian meninggal di rumah sakit. Dua tentara lainnya sedang menjalani perawatan di fasilitas medis, dan masih dalam kondisi memuaskan.

“Selama 24 jam terakhir, pada 10 Agustus, enam belas pelanggaran gencatan senjata tercatat di zona Operasi Pasukan Gabungan,” klaim operasi pasukan gabungan itu.

Pada saat yang sama, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken berbicara di Dewan Keamanan PBB, “mengingatkan tentang tindakan agresif Rusia terhadap Ukraina di Laut Hitam, Selat Kerch, dan Laut Azov.”

Pernyataan itu muncul dalam pertemuan DK PBB saat sidang tentang pemeliharaan keamanan maritim internasional.

“Di Laut Hitam, Selat Kerch, Laut Azov, kami melihat tindakan agresif yang berkelanjutan terhadap Ukraina dengan serangan berbahaya di laut dan udara dan pelecehan terhadap kapal, yang mengganggu perdagangan dan akses energi,” kata Blinken.

Sekretaris negara menegaskan kembali dukungan AS untuk atau kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial dalam perbatasan yang diakui secara internasional.

“Krimea adalah milik Ukraina,” tegas Blinken.