Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Boeing Luncurkan F-15 Ababil Pesanan Qatar

Boeing Luncurkan F-15 Ababil Pesanan Qatar
Boeing Luncurkan F-15 Ababil Pesanan Qatar

VELOX.CO.ID - Boeing menampilkan pesawat tempur F-15QA Advanced Eagle pertama dalam seremoni di fasilitas produksi perusahaan itu di St Louis, Missouri pada 25 Agustus kemarin waktu AS.

Dalam acara tersebut para pemimpin Boeing dan Angkatan Udara AS (USAF), serta pejabat tinggi dan personel layanan (pilot) dari AU Qatar hadir dalam peluncuran pesawat pertama untuk Qatari Emiri Air Force (QEAF) AU-nya Qatar, sekaligus mengumumkan nama resmi tipe tersebut, dengan nama Ababil yang berarti burung dalam bahasa Arab.

F-15QA yang diungkapkan kepada khalayak adalah serial QA500, dilengkapi dengan berbagai senjata yang akan melengkapi tipe tersebut dalam layanan QEAF, termasuk rudal udara-ke-udara jarak pendek. 

Raytheon AIM-9X Sidewinder, Raytheon AIM-120 Advanced Medium-Range Air-to-Air Missile (AMRAAM), rudal anti-permukaan Boeing AGM-84A Harpoon, dan bom berpemandu presisi Boeing GBU-31 Joint Direct Attack Munition (JDAM). F-15QA juga dilengkapi dengan AN/AAQ-28(V) Litening dan AN/AAQ-33 Sniper advanced targeting pod, serta AN/AAS-42 Tiger Eyes infrared search and track (IRST) sistem terintegrasi. 15 pilot pertama yang dilatih pada tipe tersebut dihadirkan kepada acara tersebut.

Set pertama jet F-15QA akan dikirim ke Qatar akhir tahun ini setelah selesainya pelatihan pilot pra-pengiriman, kata Boeing. Perusahaan (Boeing) telah memberikan dukungan pemeliharaan dan logistik untuk QEAF selama pelatihan pilot pra-pengiriman, yang dimulai awal tahun ini.

Selain itu, Boeing akan mendirikan dan mengoperasikan pusat pelatihan awak pesawat dan pemeliharaan untuk QEAF di Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar hingga tahun 2024 sambil juga menyediakan suku cadang dan dukungan logistik dalam negeri setelah pesawat dikirim.