Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Xi Jinping Peringatkan Keras Negara Asing yang Ganggu China

Xi Jinping Peringatkan Keras Negara Asing yang Ganggu China
Xi Jinping Peringatkan Keras Negara Asing yang Ganggu China

VELOX.CO.ID - Militer Internasional   –  Presiden China Xi Jinping memperingatkan musuh potensial dengan cara yang konfrontatif pada hari Kamis 1-7-2021. Xi Jinping memperingatkan bahwa siapa pun “pasukan asing” yang berani mencoba untuk “mem-bully”/ mengganggu, akan mendapati “kepala mereka berdarah dibenturkan ke Tembok Besar baja yang ditempa oleh lebih dari 1,4 miliar orang China,” ujar terjemahan sambutannya.

Xi Jinping menambahkan bahwa China akan belajar dari pengalaman negara lain, tetapi tidak akan mentolerir “ajaran arogan” negara lain, dikutip Sputniknews.com, 1-7-2021

Menurutnya, era baru telah tiba, ketika kekuatan dunia tidak lagi dapat memaksakan perjanjian yang tidak setara di RRT; bangsa Cina telah bangkit dan tidak akan membiarkan orang lain mengendalikan nasibnya.

Xi Jinping juga mengatakan bahwa otoritas negara harus mengubah Tentara Pembebasan Rakyat China menjadi salah satu angkatan bersenjata terkuat di dunia untuk melindungi keamanan nasional. Dia menyoroti pentingnya memodernisasi dan melindungi kedaulatan Tiongkok.

Pidato itu diiringi tepuk tangan meriah dari 70 ribu penonton di Lapangan Tiananmen di Beijing, dalam sebuah acara memperingati 100 tahun Partai Komunis China.

Pidato Xi datang dengan latar belakang meningkatnya ketegangan antara China dan AS karena sejumlah masalah, termasuk Taiwan dan penyelidikan asal-usul COVID-19. Beijing sebelumnya mengecam klaim Washington bahwa China berisiko menghadapi isolasi jika tidak menyetujui penyelidikan lain tentang asal-usul COVID-19, menyebutnya sebagai “pemerasan dan ancaman belaka”.

Adapun Taiwan, pemerintahan Biden telah meningkatkan dukungan diplomatik dan militernya untuk negara kepulauan itu sejak hari pertama di Gedung Putih, dimulai dengan mengundang duta besar de facto untuk pelantikan Biden. Beijing menganggap Taiwan sebagai bagian integral dari China, dan telah berulang kali mengecam AS karena “campur tangan” dalam urusan regional.

Reaksi Mike Pompeo

Mantan menteri luar negeri AS era Trump dan mantan kepala CIA Mike Pompeo memperingatkan para pemimpin AS bahwa Xi Jinping “serius” dalam peringatannya baru-baru ini kepada musuh Beijing, dan menganggapnya sebagai tanda niat “agresif” China,  dirilis Sputniknews.com, Jumat 2-7-2021.

“China dapat melihat kelemahan, mereka dapat melihat pemerintahan yang tidak siap untuk merespons, seperti yang dilakukan pemerintahan Trump dengan kejelasan dan kekuatan dan tekad. Inilah yang diperlukan untuk menghalangi Xi Jinping.

Anda melihat kata-katanya hari ini. Dia serius, dia kompeten, dia agresif, dia pikir Amerika sedang menurun. Dia salah tentang itu, tetapi perlu kepemimpinan Amerika untuk membuktikan bahwa dia salah, ”kata Pompeo, berbicara kepada Fox News pada Kamis malam 1-7-2021.

Mantan menteri luar negeri itu melanjutkan untuk menyerang kebijakan pemerintahan Biden.

“Mereka dapat melihat apakah seorang presiden akan mengizinkan orang-orang berlari melintasi perbatasan selatan. Tentunya mereka tidak akan menghentikan orang China berlari melintasi perbatasan Taiwan. Ini adalah hal-hal yang dunia rasakan, mereka mengawasi dengan cermat semua yang dilakukan pemerintahan ini,” kata Pompeo.

“Partai Komunis China menginginkan satu hal, mereka menginginkan hegemoni global. Kita harus percaya apa yang dikatakan Xi Jinping, dia sudah melakukan ini untuk sementara waktu. Dan sementara mereka biasa menyembunyikan kekuatan mereka dan menunggu waktu mereka, mereka sekarang menjadi agresif. Itu akan membutuhkan tanggapan Amerika yang cocok dengan itu, ”pungkas Pompeo.

Tafsir Kalimat Xi Jinping

Pernyataan Xi di Beijing pada hari Kamis tentang kekuatan asing mendapatkan “kepala mereka dipukul dan berdarah” jika mereka “menindas” China telah diterjemahkan beberapa cara. Sementara media Barat dan kantor berita termasuk Reuters, New York Times, dan Washington Post telah menggunakan terjemahan “memukul kepala”, terjemahan resmi dari pernyataan Xi yang disediakan oleh Kantor Berita Xinhua agak berbeda, dan berbunyi:

“Sebagai bangsa, kita memiliki rasa bangga dan percaya diri yang kuat. Kami tidak pernah menindas, menindas, atau menundukkan orang-orang dari negara lain mana pun, dan kami tidak akan pernah melakukannya. Dengan cara yang sama, kita tidak akan pernah membiarkan kekuatan asing menggertak, menindas, atau menundukkan kita. Siapa pun yang berusaha melakukannya akan menemukan diri mereka berada di jalur tabrakan dengan tembok besar baja yang ditempa oleh lebih dari 1,4 miliar orang Tiongkok.”

*Foto: dok. Parade Militer China. (@VOA – commons.wikimedia) Source : jakartagreater.com