Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bawa Bantuan Oksigen, LST India INS Airavat Tiba di Jakarta

Bawa Bantuan Oksigen, LST India INS Airavat Tiba di Jakarta
Bawa Bantuan Oksigen, LST India INS Airavat Tiba di Jakarta

 

VELOX.CO.ID - Setelah Singapura yang mengirimkan Landing Platform Dock (LPD) RSS Endeavour 210 (Endurance Class) dengan membawa bantuan oksigen bagi penanganan darurat Covid-19 di Indonesia, kini giliran kapal perang India, INS Airavat (L24) yang telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 24 Juli 2021.

Dikutip dari akun Twitter @indiannavy, disebutkan kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST) ini berlayar ke Indonesia dengan membawa lima kontainer Cryogenic berisi 100 MT oksigen cair dan 300 Konsentrat, yang kesemuanya dilakukan guna mendukung Indonesia dalam memerangan kasus Covid-19 yang terus meningkat.

Terlepas dari misi bantuan yang layak mendapat apresiasi, menarik juga untuk dikupas sekilas tentang INS Airavat. Dari beberapa literasi disebutkan, bahwa INS Airavat merupakan unit LST ketiga yang dibuat oleh galangan dalam negeri, Garden Reach Shipbuilders & Engineers di Kolkata. LST ini disebut juga sebagai Shardul Class.

INS Airavat punya berat 5.650 ton, sementara panjangnya 125 meter dan lebar 17,5 meter. Dari segi kapasitas, LST ini dapat membawa 11 unit Main Battle Tank (MBT), 10 unit truk/ranpur lapis baja angkut personel dan 500 pasukan infanteri. Jumlah awaknya terdiri dari 11 perwira dan 145 anak buah kapal.

Dari performa, INS Airavat disokong mesin Kirloskar PA6 STC yang bisa melayarkan kapal dengan kecepatan 16 knots. Tidak lupa LST ini juga dipersenjatai berupa 2 × WM-18 rocket launchers, 4 × kanon CRN-91 AA (Naval 30 mm Medak) dan rudal MANPADS Igla.

Kapal pendarat ini juga dibekali deck helipad plus hanggar, untuk melayani pendaratan helikopter ukuran sedang pada bagian buritan. Jenis helikopter yang biasa mendarat di LST ini adalah Westland Sea King. (Bayu Pamungkas)

Sumber : indomiliter.com