Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pening Lihat Rusia dan China, NATO Kaji Ulang Konsep Strategis

 

velox
Pening Lihat Rusia dan China, NATO Kaji Ulang Konsep Strategis

VELOX.CO.ID - NATO perlu mengkaji Ulang Konsep Strategis dalam Menanggapi Rusia dan Tantangan China. Gagasan ini muncul setelah Presiden AS Joe Biden mengatakan pada KTT G7 bahwa aliansi itu sangat penting bagi keamanan Amerika, namun tidak dilihat Washington sebagai “jaminan perlindungan”. Sebelumnya, para pemimpin G7 membahas upaya untuk “memperkuat dan memodernisasi” aliansi tersebut.

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan mengubah kebijakan strategisnya mengenai Rusia dan China, dan mengajukan dokumen terkait untuk diadopsi pada pertemuan puncak aliansi pada 2022, Gedung Putih mengatakan pada hari Minggu 13-6-2021, dirilis Sputniknews.com.

“Sekutu akan setuju untuk merevisi Konsep Strategis NATO, sebuah kerangka kerja yang akan memandu pendekatan Aliansi terhadap lingkungan strategis yang berkembang, yang mencakup kebijakan dan tindakan agresif Rusia; tantangan yang ditimbulkan oleh RRT terhadap keamanan, kemakmuran, dan nilai-nilai kolektif kita; dan ancaman transnasional seperti terorisme, ancaman dunia maya, dan perubahan iklim,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan menjelang KTT NATO di Brussels pada 14 Juni 2021.

NATO akan menerapkan strategi militer baru untuk memastikan tingkat pertahanan yang tinggi terhadap “ancaman” yang datang dari Moskow, dan melanjutkan pemantauan kegiatan Rusia terkait dengan Ukraina, ujar Gedung Putih menekankan.

“Sekutu akan berkomitmen untuk menerapkan konsep dan strategi militer baru yang memperkuat pencegahan dan postur pertahanan NATO untuk menghadapi ancaman dari Rusia dan tempat lain,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan menjelang pertemuan puncak aliansi di Brussels, yang akan diadakan pada hari Senin 14-6-2021.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah berulang kali menyatakan keprihatinan atas potensi ekspansi NATO lebih dekat ke perbatasan Rusia, dan menekankan Moskow akan mempertimbangkan reaksi terhadap pembangunan militer aliansi itu.

Ketegangan terbaru juga menyangkut penghentian Perjanjian INF, yang melarang Rusia dan Amerika Serikat menyebarkan Rudal jarak menengah di tanah Eropa, dan prospek Ukraina bergabung dengan aliansi, meskipun yang terakhir dilaporkan tidak ada dalam agenda untuk sekarang.

Mengenai Ukraina, presiden Rusia memuji kecerdasan Ukraina yang menentang keanggotaan NATO bagi negara mereka, dan mencatat bahwa mereka tidak ingin menjadi umpan meriam atau “mata uang politik”.

“Saya tidak mengatakan ini secara ironis, saya tidak ingin mengatakan orang lain konyol. Tetapi mereka yang tidak menginginkannya mengerti bahwa mereka tidak ingin menemukan diri mereka di garis tembak, mereka tidak ingin menjadi mata uang politik atau makanan yang dijadikan bubuk,” kata Putin.

Hebatnya, sejak 2014, AS dan sekutunya telah mengintensifkan kegiatan pengintaian di dekat perbatasan Rusia, khususnya di wilayah udara Laut Baltik (dekat Kaliningrad) dan Laut Hitam. Kremlin juga menunjuk pada retorika permusuhan yang datang dari Kiev, yang memaksa Moskow untuk bereaksi, sementara pada saat yang sama Rusia tidak pernah menjadi penggagas sanksi dan pembangunan militer di perbatasan.

Pada akhir Mei 2021, Kementerian Padat Rusia mengumumkan bahwa mereka akan membentuk sekitar 20 formasi dan unit militer baru di Distrik Militer Barat pada akhir tahun, yang bertujuan untuk memastikan keamanan nasional sebagai tanggapan atas pembentukan NATO di Eropa Timur.

*Foto:Latihan Perang NATO.(@Defenceimagery.mod.UK) ***jakartagreater.com***