Foto Satelit Indikasikan AL Cina Serius Kembangkan FC-31 Gyrfalcon untuk Beroperasi dari Kapal Induk

velox
Foto Satelit Indikasikan AL Cina Serius Kembangkan FC-31 Gyrfalcon untuk Beroperasi dari Kapal Induk

 

KARAWANGPORTAL - Sampai saat ini, Angkatan Laut Cina masih mengandalkan jet tempur Shenyang J-15 untuk menghadapi peperangan udara di atas lautan. Praktis kondisi tersebut membuat Beijing tidak nyaman di tengah mimpi ekspansinya. Bila lawan di seberang sudah mengoperasikan jet tempur berkemampuan stealth yang dioperasikan di kapal induk (F-35B Ligntning II), maka Cina pun telah mempersiapakan kuda-kuda untuk itu.

Dikutip dari navalnews.com (8/6/2021), disebutkan Shenyang FC-31 kemungkina akan dipersiapkan oleh AL Cina sebagai penempur stealth yang kela dioperasikan dari kapal induk. FC-31 produksi Shenyang Aircraft Corporation dipadang lebih murah ketimbang penempur stealth Chengdu J-20. Sebagai catatan, Chengdu J-20 menjadi jet tempur stealth andalan AU Cina yang disebut-sebut mampu menandingi F-22 Raptor milik AU AS.

Indikasi bakal digunakannya FC-31 untuk kelak beroperasi sudah diketahui sejak pertengahan 2020 lalu, satu set foto FC-31 Gyrfalcon dalam misi penerbangan uji coba ditampilkan oleh situs yang berbasis di Shanghai, Eastday.com (18/5/2020). Dari foto yang belum dapat diverifikasi ini, FC-31 kabarnya telah mendapatkan serangkaian modifikasi dibandingkan yang telah terbang pada tahun 2014 dan 2016 silam.

Fu Qianshao, seorang pakar pertahanan udara Cina mengatakan bahwa foto terbaru tersebut bisa menjadi tanda bahwa FC-31 sedang menguji kemampuan stealth dan kemampuan pengamatannya yang rendah terhadap mata telanjang. Meski begitu, Fu menjelaskan bahwa foto FC-31 yang beredar tidak dapat menakar tingkat kemajuan yang dicapai pada prototipe jet tempur stealth tersebut.

Analis militer Cina lain beranggapan bila ada kemungkinan FC-31 kelak akan diakuisisi oleh AU atau AL Cina, teutama untuk digunakan nantinya sebagai next-generation carrier-based fighter jet. FC-31 awalnya ditujukan untuk pasar ekspor. Persisnya Jet tempur ini digadang sebagai pilihan bagi negara-negara yang ingin mengakuisisi F-35 Ligtning II namun tak mendapatkan restu dari Amerika Serikat.

Lain dari itu, jurnalis pertahanan HI Sutton, belum lama ini mengungkapkan analisanya atas foto satelit yang memperlihatkan mockup pesawat yang diduga FC-31, telah ditematkan di deck kapal induk beton (kapal induk tiruan) di Kota Wuhan. Kapal induk beton ini dibuat 10 tahun lalu, dan dirancang dengan skala penuh, serta digunakan untuk mengevaluasi desain penempatan pesawat secara langsung di kapal induk.

Selain FC-31, pada deck kapal induk tiruan juga terdapat full mockup pesawat intai KJ-600 Airborne Early Warning & Control (AEW&C) dan helikopter angkut berat Changhe Z-8. (Bayu Pamungkas)

 

***indomiliter.com*** 

 

velox.co.id Media Intelijen dan Dunia Militer Indonesia

Disqus Comments

Featured Post

Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah

  Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah VELOX.CO.ID - Pada 19 Juni, pasukan Kurdi di suriah menyerang pangkalan militer T...