Fincantieri Sebut Indonesia akan Beli 8 Fregat : FREMM dan Maestrale


 

VELOX.CO.ID - Lutsista – Perusahaan kapal perang multinasional Fincantieri yang bermarkas di Trieste, Italia mengumumkan bahwa perusahaannya akan menyediakan 8 kapal perang untuk Indonesia, yang terdiri dari 6 frigat kelas FREMM yang dimodernisasi dan 2 frigat kelas Maestrale, ungkap situs Fincantieri, dalam rilisnya pada Kamis, 10-6-2021.

“Fincantieri, salah satu grup pembuat kapal terpenting di dunia, dan Kementerian Pertahanan Indonesia, telah menandatangani kontrak untuk penyediaan 6 frigat kelas FREMM, modernisasi dan penjualan 2 frigat kelas Maestrale , dan dukungan logistik terkait”, ujar rilis Fincantieri.

“Pesanan ini merupakan keberhasilan bagi Fincantieri dan Negara, yang memiliki armada 10 kapal FREMM. Kesepakatan tersebut sangat penting untuk memperkuat kerja sama antara 2 Negara di kawasan strategis Pasifik”, lanjut rilis itu.

Fincantieri akan menjadi kontraktor utama untuk keseluruhan program. Pembangunan fregat akan memastikan manfaat kerja yang signifikan tidak hanya untuk beberapa galangan kapal Italia Grup di tahun-tahun mendatang, tetapi juga untuk perusahaan lain di sektor ini, yaitu Leonardo, serta banyak perusahaan nasional kecil dan menengah, dan akan melihat kerjasama galangan PT-PAL lokal (Pulau Jawa).

Modernisasi 2 kapal kelas Maestrale, yang akan diperoleh Fincantieri dari Angkatan Laut Italia setelah dinonaktifkan, juga akan dilakukan di Italia.

Giuseppe Bono, CEO Fincantieri, berkomentar: “Akuisisi pesanan sebesar ini memungkinkan Fincantieri juga mengambil alih kepemimpinan global di sektor kapal permukaan, dan merupakan konfirmasi kepemimpinan teknologi dari sebuah proyek yang sekali lagi dianggap paling inovatif di pasar dunia yang memimpin dengan 20 kapal untuk beberapa Angkatan Laut asing, dalam pesanan dan opsi.

Program ini memiliki kepentingan strategis yang luar biasa, baik untuk pengembalian ekonomi bagi Negara kita dan untuk rantai pasokan pertahanan Italia, dan karena memastikan posisi kuat Fincantieri di area tersebut, membuka jalan bagi finalisasi negosiasi penting lebih lanjut untuk program lain yang sudah ada di kemajuan juga di sektor sipil”.

Bono menyimpulkan: “Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Angkatan Laut kita, yang telah memberikan kontribusi yang menentukan untuk membangun bersama dengan industri Negara sebuah kapal yang dihargai di seluruh dunia dan yang sepenuhnya memenuhi kebutuhan operasionalnya”.

Kapal Fregat FREMM Class

FREMM (“Fregat multiguna Eropa”; Prancis : Frégate européenne multi-misi; Italia: Fregata europea multi-missione) adalah frigat serbaguna yang dirancang oleh Fincantieri dan Naval Group untuk angkatan laut Italia (10 fregat) dan Prancis (8 fregat). Kapal utama kelas itu, Aquitaine, ditugaskan pada November 2012 oleh Angkatan Laut Prancis.

Di Prancis kapal kelas ini dikenal sebagai kelas Aquitaine, sedangkan di Italia dikenal sebagai kelas Bergamini. Italia telah memesan 6 varian tujuan umum dan 4 varian anti-kapal selam. Prancis telah memesan 6 varian anti-kapal selam, dan 2 varian pertahanan udara.

Angkatan Laut Amerika Serikat memilih varian FREMM untuk kelas Constellation baru mereka yang terdiri dari 20 frigat, yang akan dibangun oleh Fincantieri, dimulai dengan kontrak $795 juta untuk kapal utama.

Frigat Maestrale class adalah kapal yang dirancang terutama untuk perang anti-kapal selam (ASW), namun kapal-kapal ini sangat fleksibel sehingga kapal juga mampu melakukan operasi anti-udara dan anti-permukaan. Kapal kelas ini telah banyak digunakan dalam berbagai misi internasional, baik di bawah bendera NATO atau PBB, dan selama operasi normal Angkatan Laut Italia.

Yang pertama dari kapal-kapal ini mulai beroperasi pada awal 1982. Armada lainnya diluncurkan selama 3 tahun berikutnya. Frigat Maestrale class dibangun oleh Fincantieri S.p.A. – Muggiano, La Spezia.

*Foto: Frigat Bergamini Class Italia. (@Fincantieri). ***JakartaGreater.com***

 

 

 

 

velox.co.id Media Intelijen dan Dunia Militer Indonesia

Disqus Comments

Featured Post

Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah

  Pejuang Kurdi Suriah Serang Pos Militer Turki di Suriah VELOX.CO.ID - Pada 19 Juni, pasukan Kurdi di suriah menyerang pangkalan militer T...