Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

OPM Tantang Perang TNI Di Ilaga Papua

 

 

VELOX.CO.ID - ILAGA, Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III langsung merespon tantangan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk berperang dengan Pasukan TNI-Polri. Perang dilakukan di Muara Puncak, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Biarkan aja mereka (TPNPB OPM) mau ngomong apa aja boleh tidak ada yang melarang, yang jelas menjadi kewajiban kita menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, dan melindungi segenap warga negara dari ancaman manapun termasuk teroris KKB," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kol Czi IGN Suriastawa saat dihubungi SINDOnews, Kamis (27/5/2021).

Sampai saat ini, kata Kol Czi IGN Suriastawa, Pasukan TNI bersama Polri terus melakukan pengejaran dengan penyisiran ke lokasi yang dianalisa sebagai tempat persembunyiannya.

"Cepat lambat teroris KKB harus diadili, dan kita ketahui bersama sudah berulang kali TPNPB OPM menyebarkan berita hoaks karena front bersenjatanya mulai terdesak dikepung basis-basisnya oleh aparat TNI Polri, dan saat ini gerakan teroris KKB sudah dibenci rakyat Papua karena sepak terjangnya suka menganiaya, merampas harta, memperkosa, membakar rumah warga, merusak obyek vital yang sangat dibutuhkan rakyat," kata Kol Czi IGN Suriastawa.

Bahkan, kata dia, TPNPB OPM tidak segan-segan membunuh rakyat. Sebaliknya aparat sangat dibutuhkan rakyat Papua untuk memberi rasa aman dari gangguan teroris KKB.

"Aparat TNI-Polri selama ini mengatasi kesulitan rakyat, dan juga mengawal pembangunan yang sedang digalakkan pemerintah demi mewujudkan kemajuan Papua," ungkap Kapen Kogabwilhan III.

Dalam keterangan sebelumnya kepada SINDOnews, Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kol Czi IGN Suriastawa menyatakan, setelah keluar instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengejar dan menangkap seluruh anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pasukan TNI di bawah koordinasi Kogabwilhan III telah disiagakan bersama pihak Kepolisian untuk memburu kelompok teroris OPM tersebut.

"Ya pasukan telah disiagakan untuk membantu pihak Kepolisian menyisir dan memburu KKB atau Kelompok Teroris Papua," kata Kol Czi IG Suriastawa beberapa waktu lalu kepada SINDOnews.

Berdasarkan informasi yang diterima SINDOnews sejumlah Satuan Khusus yang ditugaskan atau di Bawah Kendali Operasi (BKO)-kan di bawah koordinasi Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III. Satuan satuan khusus tersebut diantaranya, Satgas Nanggala Kopassus, Satgas Pinang Sirih, Cakra (Kostrad) dan sejumlah Satuan Raider yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan maupun Pamtas Terluar.***sindonews.com***