Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontroversi Munarman: Insiden Monas hingga Ditangkap Densus

 

velox
Kontroversi Munarman: Insiden Monas hingga Ditangkap Densus

VELOX - Eks Sekretaris Umum FPI Munarman ditangkap Densus 88 sore ini. Munarman ditangkap dengan dugaan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme.

Munarman memang penuh kontroversi. Sejumlah kontroversi pernah dilakukannya. Apa saja?

1. Rampas Kunci Kontak Sopir Taksi
Munarman kerap terlibat kontroversi. Salah satu kontorversinya adalah saat merampas kunci kontak, SIM dan STNK sopir taksi Blue Bird. Perampasan ini terjadi tahun 2007 lalu. Munarman kala itu bahkan ditahan di Polsek Limo, Depok.
2. Bunyikan Klakson di Tengah Kemacetan

Pada 2012 lalu, Munarman pernah dikeroyok oleh 2 orang. Pengeroyokan itu dilakukan lantaran Munarman membunyikkan klakson berkali-kali di tengah kemacetan saat keluar dari rumahnya di kawasan Pondok Cabe.

3. Insiden Monas

Munarman pernah ditetapkan sebagai tersangka pelaku kerusuhan di Monas, Jakarta tahun 2008 lalu. Saat itu, dia bersama FPI menyerang Aliansi Kebangsaan dan Kekebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) tepat di hari kelahiran Pancasila.

Setidaknya 12 orang dari AKKBB terluka akibat kekerasan yang dilakukan FPI. Di antara yang terluka terdapat Direktur Eksekutif International Centre for Islam and Pluralism (ICIP) Syafii Anwar, Direktur Eksekutif The Wahid Institute Achmad Suaedi, dan pemimpin Pondok Pesantren Al-Mizan KH Maman Imanul Haq Faqih dari Majalengka.

Munarman bahkan saat itu bahkan masuk dalam DPO. Dalam kasus ini, Munarman kemudian divonis bersalah dan dihukum 1 tahun 6 bulan.

4. Siram Narasumber

Tahun 2013, Munarman kembali membuat heboh. Kali ini, dia menyiram muka Sosiolog UI Tamrin Amagola dengan segelas teh setelah adu argumen di sebuah siaran langsung di televisi.

5. Hadiri Baiat ISIS di Makassar

Munarman disebut menghadiri acara baiat ke ISIS di Makassar. Hadirnya Munarman itu disampaikan 2 eks simpatisan FPI yang merupakan terduga teroris yang ditangkap di Makassar.

6. Bentak Jaksa

Munarman kembali ramai jadi perbincangan usai aksinya di persidangan Habib Rizieq dalam kasus kerumunan pada Maret 2021 lalu. Munarman merupakan anggota tim pengacara Habib Rizieq.

Tak hanya berdebat, Munarman juga membentak jaksa di persidangan. Kala itu, Munarman meminta jaksa diam usai pernyataannya disela.
7. Ditangkap Densus 88

Terbaru, Munarman ditangkap Densus 88. Penangkapan ini juga terkait dengan acara baiat di 3 kota.

Munarman ditangkap sore ini, pukul 15.00 WIB di rumahnya. Munarman ditangkap dengan dugaan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme.

"(Ditangkap terkait) baiat di UIN Jakarta, kemudian juga kasus baiat di Makassar, dan mengikuti baiat di Medan," jelas Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (27/4/2021).*** (mae/isa) Detikcom