Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

China Tugaskan 3 Kapal Perang Sekaligus ke Laut China Selatan

karawangportal
China Tugaskan 3 Kapal Perang Sekaligus ke Laut China Selatan

 

VELOX - BEIJING - Angkatan Laut China menugaskan tiga kapal perang sekaligus ke wilayah Laut China Selatan .

Media Beijing pada hari Minggu melaporkan ketiga kapal perang yang ditugaskan itu termasuk sebuah kapal serbu amfibi besar.

 
China Central Television (CCTV), media yang dikelola pemerintah, melaporkan bahwa upacara commissioning diadakan di pelabuhan Angkatan Laut Sanya di pulau selatan Hainan pada hari Jumat (23/4/2021), dengan dihadiri oleh Presiden Xi Jinping.

Xi dilaporkan memberikan bendera militer kepada kapten kapal dan naik ke kapal.
Para pengamat militer yang dikutip NHK World mengatakan kapal-kapal itu mungkin juga dikerahkan dalam misi di sekitar Taiwan, tetapi kemungkinan akan menimbulkan kekhawatiran khusus di antara negara-negara yang memiliki klaim maritim yang jadi sengketa dengan China karena kemampuan ofensif militer Beijing.

Selain China, wilayah Laut China Selatan juga diklaim oleh Malaysia, Filipina, Vietnam, Brunei dan Taiwan.

Surat kabar Global Times, yang berafiliasi dengan Partai Komunis China, melaporkan bahwa ketiga kapal perang yang ditugaskan adalah kapal serbu amfibi Type 075, kapal perusak besar, dan kapal selam rudal balistik strategis bertenaga nuklir.

Para pengamat mengatakan pengerahan ketiga kapal itu mewakili perkembangan pesat kemampuan Angkatan Laut China, serta kesiapan Beijing untuk memperluas aktivitasnya di Laut China Selatan dan sekitar Taiwan. *** sindonews.com ***